Tips Cara Membuat MPASI yang Aman untuk Bayi

Para orang tua muda khususnya mama-mama muda yang sudah memiliki anak, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘MPASI’.

Tapi bagi Anda yang masih dalam proses menunggu persalinan anak pertama dengan usia kehamilan yang semakin tua,  mungkin kata-kata ‘MPASI’ ini masih terdengar asing di telinga Anda. Apa itu MPASI? MPASImerupakan singkatan dari ‘Makanan Pendamping ASI (Air Susu Ibu)’, sehingga jenis makanan itu hanya menjadi makanan pendamping saja dengan menu utama ASI.

ASI eksklusif diberikan pada bayi hingga usia 6 bulan pertama hidupnya sementara MPASI baru boleh diberikan jika bayi sudah berusia minimal 6 bulan.

MPASI atau Makanan Pendamping Asi instan sekarang bisa ditemukan dengan mudah di supermarket. Walau begitu, pemberian MPASI ini harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati, sebab tidak semua MPASI instan cocok bagi bayi.

MPASIyang paling aman bagi bayi adalah dengan cara membuat MPASI sendiri. MPASI yang dibuat sendiri dinamakan dengan MPASIhomemade.

Membuat MPASIsendiri memiliki tantangan tersendiri, apalagi bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dalam membuatnya.MPASI harus dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayi dalam mengonsumsi, sehingga akan membuatnya tetap aman.

Salah membuatnya, akan membuat bayi Anda mengalami sakit seperti diare ataupun tersedak. Mengerikan bukan? Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa  mengikuti tips cara membuat MPASI yang aman untuk bayi di bawah ini.

Tips cara membuat MPASIyang aman untuk bayi ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Penasaran? Silahkan simak ulasannya di bawah ini:

  1. Tips cara membuat MPASI sendiri di rumah yang pertama adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami.  Dengan cara membuat MPASI ini di rumah, Anda bisa menyiapkan serta memilih bahan-bahan terbaik untuk membuat MPASI bayi Anda. Bahan-bahan yang bisa Anda persiapkan bisa berupa sayur-sayuran ataupun buah-buahan.
  2. Hindari membuat MPASI dengan bentuk juice. Terlalu banyak mengonsumsi juice akan membuat bayi menjadi diare. Tidak hanya itu, pemberian MPASI dalam bentuk juice yang terlalu sering akan membuat gigi anak berlubang.
  3. Cara membuat MPASI dengan cara memotong serta menghaluskan buah ternyata lebih aman daripada mengubahnya kedalam bentuk cairan (jus).
  4. Pada bayi di bawah 1 tahun, jangan membuat MPASI dengan memberikan susu sapi ataupun madu. Susu sapi untuk bayi di bawah 1 tahun masih belum sesuai untuk pemenuhan kebutuhan nutrisinya. Alhasil, bayi malah akan terkena risiko kekurangan zat besi. Sementara pemberian madu di dalam MPASI akan menimbulkan botulisme.
  5. Cara membuat MPASIyang mudah di rumah adalah dengan mengolahnya menjadi kedalam bentuk puree yang bisa dilakukan dengan caradilembutkan baik itu dengan blender, grinder, atau ditekan-tekan.

Cara membuat MPASI yang aman untuk bayi adalah dengan tidak mencampurkan biji-bijian dan makanan dengan ukuran kecil kedalam MPASI.

Jenis makanan tersebut bisa menyebabkan bayi tersedak.

error: Content is protected !!