Manfaat Minyak Sage Yang Sangat Menguntungkan

Manfaat kesehatan minyak esensial sage dapat dikaitkan dengan khasiatnya sebagai antijamur, antimikroba, antioksidan, antiseptik, antiinflamasi, antispasmodik, antibakteri, kolagogik dan koleretik, cicatrizant, depuratif, pencernaan, desinfektan, emmenagog, ekspektoran, obat penurun panas, pencahar , dan zat stimulasi.

Sage, atau Salvia officinalis, seperti yang dikenal dalam sistem nomenklatur nabati, adalah nama yang terkenal dan sering didengar di dunia kosmetik, terutama di bidang perawatan kulit. Produk perawatan kecantikan yang tak terhitung banyaknya mengklaim bahwa mereka mengandung minyak sage, yang sebenarnya adalah minyak esensial bijak.

Minyak atsiri ini diekstraksi dengan penyulingan uap daun sage dan terutama terdiri dari aesculetin, alpha-humulene, alpha thujene, alpha-thujone, alpha-terpineol, alpha terpenes, alpha-pinene, alpha maaliene, aromadendrene, beta pinene, beta copaene , beta-thujone, borneol, kamper, cineole, caryophyllene oxide, camphene, delta cadinenes, linalool, limonene, myrcene, ocimene, oktanol, paracymene, para cymenol, salviol, terpineol, thujanol, dan terpinolene.


Manfaat Kesehatan Sage Essential Oil

Manfaat Kesehatan Sage Essential Oil

Minyak ini memiliki sejumlah penggunaan obat non-kosmetik yang tercantum di bawah ini.

Antijamur

Kehadiran kamper dan camphene dalam minyak esensial ini memberi properti antijamur. Minyak ini mampu menghambat infeksi jamur, baik secara internal maupun eksternal, dan memberikan kelegaan dari infeksi jamur seperti disentri, penyakit kulit, athlete’s Foot atau dermatitis. Properti ini merupakan salah satu penyebab di balik penggunaannya dalam produk perawatan kulit.

Antimikroba

Komponen dalam minyak esensial sage yang memberi perlindungan terhadap infeksi jamur juga memberi perlindungan terhadap infeksi mikroba juga. Oleh karena itu, Anda dapat melindungi luka atau luka kecil akibat infeksi yang menjengkelkan atau berpotensi berbahaya.

Antibakteri

Minyak ini sama bergunanya untuk melawan infeksi bakteri karena membunuh bakteri dan menghambat pertumbuhannya di dalam tubuh. Properti ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti infeksi bakteri di telinga, hidung, tenggorokan, mata, alat kelamin, uretra, usus besar, usus serta kulit dan luka.

Antioksidan

Ini mungkin aspek paling berharga dari minyak esensial ini dan alasan di balik penggunaan ekstensifnya dalam produk anti penuaan dan perawatan kulit. Antioksidan, seperti namanya, bertindak melawan oksidan atau radikal bebas di dalam tubuh, yang merupakan penyebab utama penuaan. Antioksidan ini memperlambat penuaan dan mencegah gejala seperti keriput, kulit kendur, dan otot, penurunan kemampuan penglihatan dan pendengaran, kerusakan pada otak, kehilangan ingatan, degenerasi jaringan, degenerasi makula, dan gangguan saraf.

Antiseptik

Karena memiliki khasiat antimikroba, antibakteri, dan antijamur, ini berfungsi sebagai antiseptik untuk luka, sayatan bedah, luka pascakelahiran, bisul, dan luka.

Anti-inflamasi

Ini mengurangi peradangan pada kulit, peradangan akibat demam, dan mencegah masuknya bahan beracun ke dalam aliran darah. Ini juga mengurangi efek dari minuman keras dan narkotika yang berlebihan, konsumsi makanan berlemak atau pedas yang berlebihan, pengaruh angin yang sangat panas, dll. Ini membantu penyembuhan radang di perut, usus, dan saluran ekskretori juga.

Antispasmodik

Properti minyak sari penting ini bermanfaat dalam mengobati semua masalah yang timbul akibat kejang, termasuk rasa sakit di perut, dada, dan usus, serta batuk, kejang, dan kram.

Cholagogue & Choleretic

Kedua sifat ini berarti sama, yaitu zat yang mendorong keluarnya cairan empedu. Ini membantu dalam pencernaan, menenangkan perut, dan memperbaiki fungsi keseluruhan sistem pencernaan melawan peradangan yang disebabkan oleh asam berlebih. Ini juga menetralkan asam di perut dan aliran darah, sehingga memberikan kelegaan dari keasaman dan asidosis, yang pada gilirannya melindungi kita dari borok peptik karena keasaman, dan juga dari bisul, letusan, dan penyakit kulit yang terjadi saat tingkat asam meningkat di darah.

Cicatrisant

Ini adalah properti lain yang telah membuat tempat yang kuat di dunia kosmetik sebagai bahan utama anti-mark dan anti-spot cream. Properti ini membantu menghilangkan bekas luka, retakan lemak, bekas retakan perut pasca-natal, dan bintik-bintik setelah ditinggalkan oleh bisul, cacar, dan luka. Ini juga membantu penyembuhan luka dan sayatan dengan cepat.

Depuratif

Minyak atsiri sage mempercepat pengangkatan racun dari darah melalui ekskresi atau berkeringat dan dengan demikian memurnikan darah, bertindak sebagai depuratif.

error: Content is protected !!