Manfaat Minyak Cengkeh Yang Baru Diketahui

Manfaat kesehatan dari minyak cengkeh dapat dikaitkan dengan sifat antimikroba, antijamur, antiseptik, antivirus, afrodisiak, dan stimulasi. Minyak ini digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan termasuk masalah kulit, sakit gigi, gangguan pencernaan, batuk, asma, sakit kepala, stres, dan kotoran darah. Penggunaan minyak cengkeh yang paling penting dan umum ada pada perawatan gigi. Berbagai pasta gigi, obat kumur, dan obat perawatan mulut mengandung minyak ini sebagai bahan penting.

Cengkeh adalah pohon cemara, yang menghasilkan kuncup bunga yang memiliki banyak khasiat obat. Hal ini sering disebut sebagai kuncup cengkeh. Ini memiliki poros dan kepala dan karenanya, memiliki nama Latin clavus, yang berarti kuku. Cengkeh banyak digunakan dalam peradaban India dan Tionghoa kuno dan menyebar ke belahan dunia lain, termasuk Eropa, selama abad ketujuh dan kedelapan. Bahkan sekarang, cengkeh banyak digunakan di beberapa masakan India dan Cina.

Cengkeh kaya akan mineral seperti kalsium, asam klorida, zat besi, fosfor, natrium, potassium, dan vitamin A dan vitamin C.

manfaat minyak cengkeh

Manfaat Kesehatan Minyak Cengkeh

Meskipun diketahui terutama untuk masalah gigi, manfaatnya tidak terbatas pada masalah gigi. Minyak dahsyat ini bisa membuat keajaiban bagi Anda dalam berbagai cara yang tercantum di bawah ini.

Mengobati Infeksi

Karena sifat antiseptiknya, minyak cengkeh berguna untuk luka, luka, kudis, kaki atlet, infeksi jamur, memar, biang keringat, dan jenis luka lainnya. Ini juga bisa digunakan untuk mengobati gigitan serangga dan sengatan. Hal ini sangat kuat di alam dan harus selalu digunakan dalam bentuk encer dan harus hati-hati digunakan oleh orang-orang dengan kulit sensitif.

Perawatan gigi

Penggunaan minyak cengkeh yang paling menonjol adalah perawatan gigi. Sifat kuman pembunuh minyak membuatnya sangat efektif untuk menghilangkan sakit gigi, sakit gigi, sakit gusi, dan bisul mulut. Ini berisi eugenol, yang telah digunakan dalam kedokteran gigi selama bertahun-tahun. Berkumur dengan minyak cengkeh yang diencerkan membantu mengurangi rasa sakit dan iritasi tenggorokan. Bau khas minyak ini juga membantu menghilangkan bau mulut.

Cengkeh juga efektif melawan rongga, dan secara tradisional, di India, setiap hari sebelum tidur, bola kapas kecil berisi tetesan minyak cengkeh diletakkan di ujung gigi yang memiliki rongga. Rongga akan lenyap dalam beberapa hari. Akibatnya, minyak cengkeh ditambahkan ke banyak produk dan obat-obatan gigi, termasuk obat kumur dan pasta gigi. Dokter gigi juga mencampur minyak cengkeh dengan seng oksida untuk menyiapkan bahan pengisi putih sebagai alternatif sementara ke saluran akar. Tapi hati-hati, sangat kuat dan bisa menyebabkan luka bakar di mulut Anda jika digunakan secara tidak benar.

Studi terbaru dan pertimbangan cermat kekuatan minyak cengkeh telah mengakibatkannya digunakan sebagai balsem yang menenangkan pada bayi yang tumbuh gigi. Hal ini dapat diterapkan pada gusi bayi dalam bentuk yang sangat encer karena kualitas minyak antiseptik dan menenangkan dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi ketidaknyamanan.

Perawatan kulit

Minyak cengkeh sering direkomendasikan untuk perawatan kulit, terutama bagi penderita jerawat. Efeknya paling baik dicapai saat minyak digunakan dalam bentuk cair dan disebarkan pada kain kering dan bersih. Anda akan menemukannya di banyak produk untuk mengurangi efek penuaan, seperti keriput, kulit kendur, dan peremajaan wajah untuk mata karena sifat peremajaan dan stimulasi, yang dapat meningkatkan aliran darah di bawah kulit yang tidak sehat dan membuatnya terlihat lebih muda lagi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak cengkeh dan cengkeh sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat antiviral mereka dan kemampuan untuk memurnikan darah, meningkatkan ketahanan terhadap banyak penyakit, karena antioksidan dalam minyak esensial cengkeh mengikis tubuh radikal bebas berbahaya yang menyebabkan banyak penyakit seperti masalah jantung dan beberapa jenis kanker.

cloveoilLowers Stress

Minyak cengkeh adalah afrodisiak di alam dan oleh karena itu, berfungsi sebagai pereda stres yang sangat baik. Ini memiliki efek merangsang pada pikiran dan menghilangkan kelelahan mental dan kelelahan. Ketika tertelan dalam jumlah yang tepat, ia menyegarkan pikiran dan merangsang fungsi otak. Ini juga menyebabkan tidur dan sangat membantu pasien yang menderita insomnia. Hal ini juga berguna untuk mengobati gangguan saraf seperti kehilangan ingatan, depresi, dan kecemasan.

Menghilangkan sakit kepala

Minyak cengkeh, bila dicampur dengan garam dan dioleskan di dahi, memberi efek pendinginan dan membantu menghilangkan sakit kepala. Ini memiliki banyak flavonoid di dalamnya, yang merupakan agen anti-inflamasi. Bila dioleskan secara topikal ke pelipis atau leher, anti radang.

error: Content is protected !!