Kenali Kelebihan dan Kekurangan Fleece Sebagai Bahan Jaket

Ada beberapa bahan jaket yang saat ini banyak beredar di pasaran seperti kulit, canvas, jeans, wool, fleece dan sebagainya. Diantara itu semua untuk kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari fleece sebagai bahan membuat jaket. Kain fleece dikenal sebagai bahan jaket yang sifatnya lembut, hangat namun agak sedikit berbulu. Bahan fleece sebenarnya adalah turunan dari wool dari finishing tekstil.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Fleece Sebagai Bahan Jaket (Sumber : Pixabay.com)

Dari sejumlah material penyusunnya, bahan fleece bisa dikelompokkan ke dalam beberapa kategori yaitu fleece polyester, fleece cotton, fleece micro, fleece pollar dan lain sebagainya. Pada umumnya kain fleece dibuat dari campuran bahan polyester seperti nilon, likra, PET dan bahan sintetis yang sejenis. Kain fleece biasanya dipakai sebagai bahan utama pembuatan pakaian luar/outwear seperti jaket atau sweater di http://jaketbomberwanita.com. Selain jaket dan sweater, karena bahan yang cukup tebal dan hangat maka fleece juga dipakai sebagai bahan selimut dan bedset.

Fleece termasuk bahan jaket yang ramat lingkungan karena diproduksi dari proses daur ulangĀ  limbah seperti plastik bekas, sedotan minuman bekas dan berbagai jenis plastik yang lainnya. Setiap bahan tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangannya, begitu juga dengan fleece. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan bahan fleece :

Kelebihan kain fleece :

  1. Fleece dapat berperan sebagai insulator tubuh meskipun dalam kondisi basah ataupun kering sehingga cocok dipakai di daerah yang banyak hujan dan lembab.
  2. Fleece memiliki sifat yang elastis
  3. Fleece memiliki cukup ruang untuk terjadinya sirkulasi udara yang baik saat digunakan.
  4. Harga yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lainnya.

Kekurangan kain fleece :

  1. Fleece tidak bisa dipakai di daerah yang beriklim ekstrim (minus derajat celcius) karena tidak bisa untuk menahan suhu dingin yang terlalu ekstrim
  2. Jika bahan ini sering dicuci maka warnanya akan cepat memudar
  3. Serat di bagian luar kain fleece mudah mengelupas.
  4. Bahan fleece termasuk bahan yang cukup berat
  5. Fleece merupakan bahan tekstil yang sangat mudah kotor.

Dari kelebihan dan kekurangan diatas maka dapat disimpulkan bahwa bahan fleece sangat cocok dipakai oleh siapa saja yang penting dan perlu diperhatikan adalah kelebihan dan kekurangannya sehingga anda bisa menyesuaikan diri. Penggunaan yang tepat tentu akan meminimalkan kerusakan pada kain fleece dan anda dapat memanfaatkannya dengan lebih baik.

error: Content is protected !!