Es Nangka Selasih Resep Minuman Tradisional Khas Kalimantan Selatan

Jika kita berbicara secara lebih mendalam tentang minuman tradisional yang khas dari daerah tertentu, barangkali resep minuman tradisional yang berasal dari Kalimantan masih sedikit yang diketahui oleh masyarakat luas.

Minuman tradisional khas yang telah populer diketahui orang banyak seringkali hanya seputar minuman yang berasal dari Pulau Jawa seperti berbagai resep wedang dari daerah yang didiami suku Jawa atau semisal bandrek atau bajigur yang berasal dari sebelah barat pulau Jawa.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Sariwangi akan membahas salah satu resep minuman tradisional yang berasal dari Pulau Kalimantan tepatnya yang berasal dari Kalimantan Selatan yaitu Es Nangka Selasih.

Jenis minuman yang satu ini akan mudah dijumpai di sekitaran Banjarbaru atau juga Banjarmasin.

Minuman yang sangat cocok dinikmati kala siang hari ini selain sangat menyegarkan, begitu terasa lezat dan seringkali disajikan untuk hidangan buka puasa saat bulan Ramadhan.

Tidak usah bertele-tele lagi, mari kita simak bersama-sama cara membuat resep minuman tradisional Es Nangka Selasih yang berasal dari Kalimantan Selatan berikut ini.

Seperti yang sudah-sudah, sebelum kita membuat resep minuman tradisional indonesia yaitu Es Nangka Selasih ini, kita harus menyiapkan berbagai bahannya.

Bahan-bahan tersebut seperti nangka yang telah matang dan telah dicuci bersih dan dipotong dengan bentuk bundar kecil-kecil sebanyak 300 gram. Lalu siapkan juga gula pasir sebanyak 200 gram, air matang sejumlah 500 cc, dan juga es batu secukupnya.

Kemudian siapkan pula 2 sendok makan biji selasih dan juga jeruk lemon yang nantinya diperas airnya sebanyak 3 buah. Tak lupa sediakan garam sekitar 1/8 sendok teh dan air kapur sirih sebanyak 1 sendok teh.

Mencampurkan garam dan gula pasir ke air adalah langkah pertama dalam membuat resep minuman tradisional Es Nangka Selasih ini. Selanjutnya, campuran air, gula, dan garam tersebut dididihkan hingga larut dan tercampur hingga benar-benar merata.

Selanjutnya potongan-potongan nangka dimasukkan dan direndam ke dalam larutan air kapur sirih kira-kira 15 menit lamanya, lalu dicuci dan kemudian tiriskan potongan nangka yang telah direndam tersebut. Setelah potongan nangka tersebut ditiriskan, lalu masukkan ke dalam air gula dan direndam selama 2 jam, kemudian sisihkan untuk sementara waktu.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan gelas saji untuk memasukkan air gula dan nangka.

Kemudian sebagai pelengkap, bubuhi juga selasih sebanyak 1 sendok teh yang disertai juga air jeruk ke dalam gelas.

Untuk langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menambahkan es batu. Nah, mudah sekali bukan? Sekarang resep minuman tradisional Es Nangka Selasih yang khas dari Kalimantan Selatan ini telah siap disajikan. Selamat mencoba.

error: Content is protected !!