Alergi Debu : Penyebab, Tanda, serta Langkah Mengatasinya

Bila Anda seringkali alami bersin-bersin serta mata berair waktu ada didalam serta luar ruang, terlebih saat Anda tengah bersih-bersih tempat tinggal, jadi peluang Anda menanggung derita alergi debu. Beberapa orang berfikir kalau penyebab alergi ini sangat simpel : partikel debu yang ada di udara, serta mereka yang menderitanya seringkali memperoleh julukan “manja”—tetapi kenyataannya sangat berlainan.

Penyebab alergi debu
Zat yang menyebabkan alergi dimaksud dengan allergen. Apabila diliat dari permukaannya, memanglah benar kalau penyebab alergi debu tidak beda yaitu debu. Tetapi, apa yang terdapat dalam debulah yang sesungguhnya menyebabkan reaksi alergi.

Serta argumen kenapa Anda lebih gampang bersin serta sesak napas pada saat atau sesudah bersih-bersih tempat tinggal yaitu karna banyak debu yang bergerak buat suatu hal itu lebih gampang terhirup.

Walau mungkin saja jauh berlainan dari sangkaan Anda, namun tersebut disini penyebab alergi debu :

Tungau debu
penyebabnya alergi debu
Tungau debu penyebabnya alergi.
Siapa kira makhluk sekecil ini dapat mengakibatkan problem yang demikian besar? Tungau debu, dimaksud juga dust mites atau kutu kasur, yaitu hewan memiliki ukuran begitu kecil yang hidup di bantal, kasur, karpet, serta perabotan berlapis kain yang lain, dan penyebab paling utama dari alergi debu dalam ruang.

Tungau debu pilih untuk tinggal ditempat bersuhu tinggi (21°C atau lebih) serta lembab (75% atau lebih), serta hidup dengan menelan serpihan kulit mati manusia. Sebagai alergen sesungguhnya tidaklah tungau tersebut, tetapi fesesnya.

Sayangnya, tempat tinggal yang rajin dibersihkanpun juga akan tetaplah memiliki kandungan alergen ini karna tungau debu sangat kecil agar bisa diliat telanjang mata serta sering tidak dapat dibikin bersih lewat cara yang umum.

Menyapu atau menyedot debu pada karpet atau sofa buat partikel sisa dari tungau ini terbang ke udara, membuatnya lebih gampang terhirup, serta lalu melekat kembali ke permukaan. Bahkan juga, aktivitas bersih-bersih tempat tinggal yang hebat-hebatan dapat buat tanda alergi debu Anda makin kronis.

Jamur
Jamur, persisnya yang berjenis mold, hasilkan spora yang melayang-layang di udara serta sering tidak bisa diliat telanjang mata. Sama dengan tungau debu, alergen ini hidup di beberapa tempat yang lembab, seperti dapur serta kamar mandi, serta bahkan pada batang kayu serta gugur daun. Mungkin saja berikut penyebab alergi debu yang sebenarnya, karna mold ada baik didalam ataupun diluar ruang.

Kecoa
Walau terdengar aneh, kecoa benar adalah alergen. Beberapa orang yang tanpa ada diakui alami tanda alergi waktu ada kecoa di sekitaran mereka. Hidup di banyak tempat baik didalam ataupun luar ruang, kecoa menyumbang partikel dalam debu yang lalu menyebabkan reaksi alergi. Bila diketemukan satu kecoa didalam ruang, Anda dapat percaya kalau ada banyak kecoa yang lain yang bersembunyi dirumah Anda.

Bulu hewan
Nyaris tiap-tiap sisi dari hewan dapat menyebabkan reaksi alergi, umpamanya rambut, bulu, sayap, air liur, urin, feses, serta kulit mati dari hewan. Alergi pada hewan bercabang pada type alergi debu lewat bulu serta kulit matinya.

Bahkan juga, air liur, urin, serta feses hewan yang menguap ke udara serta bercampur dengan partikel debu yang lain juga jadi alergen serta menyusahkan orang yang alergi debu. Beberapa orang yang pelihara hewan tidak mengerti kalau sesungguhnya mereka alergi terhadapnya.

Serbuk tanaman
serbuk tanaman penyebabnya alergi
Serbuk tanaman yaitu penyebabnya paling utama alergi diluar tempat tinggal.
Berikut penyebab paling besar dari reaksi alergi debu luar ruang. Serbuk tanaman, atau pollen, datang dari rumput, pohon, bunga, serta gulma, serta dapat berbentuk musiman. Anda dapat alergi pada satu atau sebagian type serbuk tanaman sekalian, serta Anda juga akan alami flare-up (memburuknya tanda) waktu tiba musim di mana ada banyak alergen dari alergi Anda.

Serbuk tanaman dapat masuk kedalam tempat tinggal dengan melekat pada baju waktu Anda ada diluar maupun lewat jendela yang terbuka, serta lalu melekat serta menumpuk pada permukaan lantai serta perabotan.

Tanda alergi debu
Alergi berbentuk warisan serta umumnya dipicu oleh lebih dari satu alergen. Tetapi, sebagai penyebabnya alergi debu tidaklah komponen debu tersebut, tetapi reaksi imun badan yang terlalu berlebih.

System kebal badan bereaksi pada beberapa zat yang dipandang beresiko, yakni alergen, jadi bentuk pertahanan diri. Kebanyakan orang mempunyai peranan pertahanan diri ini, namun system imun pasien alergi tambah lebih peka hingga tanda yang dihadapi juga tambah lebih jelek.

Beberapa gejala alergi debu itu bisa mencakup :

Kepala
bersin-bersin
hidung meler
hidung terhalang
mata merah, gatal serta/atau berarir
tenggorokan gatal
radang tenggorokan
sakit kepala
Dada
batuk
mengi
sesak napas
sesak dada
nada serak atau berbisik
Kulit
kulit kering serta/atau gatal
kemerahan
pembengkakan
bintik-bintik dengan/tanpa ada keluarnya cairan (nanah adalah sinyal dari infeksi kulit)
Langkah menangani alergi debu
Tak ada penyembuh untuk alergi, namun Anda dapat memperingan tandanya. Langkah paling baik untuk menangani alergi yaitu dengan hindari zat sebagai pemicunya.

Untuk tahu dengan tentu type alergi yang Anda derita, periksakan diri Anda ke dokter hingga Anda dapat memperoleh suntik alergi (imunoterapi) atau obat alergi, seperti obat tetes mata serta nasal spray spesial alergi.

Diluar itu, kerjakan beberapa langkah tersebut agar Anda dapat hindari alergen untuk beberapa besar saat :

Ganti sprei dengan rutin
Tempat tidur yaitu tempat menumpuknya beberapa sel kulit mati, yang bermakna tungau debu. Ganti sprei serta sarung bantal tiap-tiap tiga hari, atau minimum 1x satu minggu.

menangani alergi debu
Jagalah kebersihan tempat tidur untuk hindari alergi debu.
Bersihkan sprei serta sarung bantal dengan air panas (60°C atau lebih) serta sabun memiliki bahan enteng, serta keringkan secara detail.

Minimalisir pemakaian karpet
Janganlah pakai karpet untuk menutupi semua permukaan lantai, terlebih type karpet yang sama-sama menyambung antar ruang. Mengeluarkan juga karpet serta perabotan berlapis kain yang lain dari dalam kamar tidur karna ruang berikut yang paling terdapat banyak tungau debu.

Sedot debu dengan rutin
Menyedot debu semakin lebih baik untuk alergi Anda karna langkah tersebut kurangi peluang debu yang terbang ke udara serta cuma beralih tempat. Menyedot debu secara detail lebih dari 1x memanglah merepotkan namun lebih efisien dalam menyingkirkan komponen debu.

Janganlah memelihara hewan
Atau, paling tidak janganlah dibiarkan hewan masuk tempat tinggal, terlebih kamar tidur Anda. Bila Anda sudah lama pelihara hewan serta nyatanya mempunyai alergi debu, Anda dapat kurangi tanda alergi dengan lakukan grooming hewan peliharaan Anda dengan teratur serta menjauhkannya dari kamar tidur.

Kerjakan kontrol teratur pada hama
Janganlah dibiarkan makanan tergeletak ditempat terbuka, serta rajinlah bersihkan tempat tinggal, terlebih dapur, hingga ke tiap-tiap sudutnya. Gunakan perangkap bila Anda mencurigai ada tikus, sediakan semprotan serangga untuk kecoa, serta untuk hasil yang maksimum, terlebih untuk hama kutu, Anda dapat menyebut jasa penghilang hama.

Minimalisir kelembapan udara
Jauhi menggantung baju basah didalam tempat tinggal, serta yakinkan untuk memperoleh ventilasi yang baik di kamar mandi agar kelembapan tidak terjebak di dalamnya. Tetapi, bila tiba musim kemarau, tutuplah jendela serta nyalakan AC.

error: Content is protected !!